-->

Kesehatan Balita-adalah bintang yang bersinar terang bagi ayah dan ibunya, kehadirannya merupakan kebahagiaan yang tak tenilai harganyaoleh karena itu kita sebagai orang tua sangat berkewajiban untuk menjaga dan merawat Kesehatan Balita. menjaga kesehatan Balita gampang-gampang susah, tergntung dengan kesabaran kita masing-masing.
Kesehatan Balita
berikut ini cara merawat dan menjaga Kesehatan Balita :
  • Setiap kali memberikan makanan bayi jangan lupa berikan makanan yang bergizi yakni yang mengandung zat tenaga (karbohidrat dan lemak), zat pembangun (protein) dan zat pengatur (vitamin dan mineral). Komposisinya pun sebaiknya50-70% karbohidrat, 20-30% lemak dan 10-15% protein.Susahnya, banyak juga balita yang picky eater, atau hanya suka makanan tertentu. Jangan khawatir, Anda bisamenyiasati balita yang suka memilih-milih makanan. jika balita hanya suka m, masukkan daging ayam, sayur sawi, timun, udang ke dalamnya, atau bentuk makanannya dalam bentuk yang menarik, seperti dibentuk seperti wajah orang. Pokoknya, buat balita seolah-olah tetap mengonsumsi makanan kegemarannya.
  • Jangan lupa memberikan minuman yang merupakan sumber cairan penting bagi balita seperti susu, jus buah dan air putih. Untuk susu, pilihlah yang sesuai usianya. Agar balita tidak keburu kenyang, berikan susu setelah balita makan.sebagai selingan ketika sedang makan, jangan lupa berikan balita air putih secukupnya. 
  • ketika balita berumur 2-3 tahun, umumnya mereka sudah bisa mencontoh orang lain.untu itu demi kesehatan balita, usahakandia mandi :
    1. Mandi, sebaiknya 2 kali sehari. Biasakan balita untuk menyabuni seluruh tubuh, termasuk lipatan-lipatan tubuh. Selesai mandi, keringkanlah tubuhnya.
    2. Gosok gigi, jumlah gigi batita sudah mulai banyak, jadi gunakan sikat gigi untuk membersihkan gigi. Jika batita sudah bisa berkumur, Anda boleh memberinya pasta gigi. Supaya batita mau sikat gigi, ajak ia sikat gigi bersama, batita biasanya senang meniru tingkah orangtuanya!
    3. Cuci tangan. Ajari balita untuk cuci tangan dengan sabun setiap kali mau makan, sehabis makan, sehabis main di luar dan sehabis buang air. 
    4. Cuci kaki. Biasakan batita mencuci kakinya setiap kali mau naik ke tempat tidur, sehabis bermain dan sehabis bepergian.jika balita selalu bergerak aktif, tidak apa-apa, itu malah lebih baik, karna itu sangat bermanfaat. 
  • manfaat yang bisa di petik bagi kesehatan tubuh balita adalah : 
    1. Aliran darah menjadi lancar.
    2. Membuat daya tahan tubuh lebih baik.
    3. Mengurangi risiko kegemukan dan metabolisme tubuh jadi oke.
  • dan terakhir jaga kebersihan di sekitar lingkungan balita. 

cukup dulu postingan saya hari ini ya... terima kasih :)
By